Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pelabuhan

Kemenhub Umumkan Pelabuhan Lembar di Nusa Tenggara Barat Terapkan NLE

287
×

Kemenhub Umumkan Pelabuhan Lembar di Nusa Tenggara Barat Terapkan NLE

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengimplementasikan National Logistic Ecosystem (NLE) di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB).Implementasi NLE ini merupakan hasil kolaborasi antar kementerian, lembaga dan stakeholder yang terkait di pelabuhan yang mengacu kepada Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

“Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan Inpres No. 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional untuk memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional dapat terlaksana dengan baik,” ujar Capt. Hendri dalam siaran pers (6/7)

Example 300x600

Hal tersebut disampaikanya pada acara “Go Live Implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) di Pelabuhan Lembar” Kamis (6/7) di Mataram, NTB. Ia menambahkan, NLE adalah ekosistem logistik yang dibangun guna menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Berorientasi pada kerjasama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, simplifikasi pembayaran dengan single billing yang didukung oleh sistem teknologi informasi serta penataan tata ruang pelabuhan yang mensinergikan seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logistik yang telah ada.

“Untuk itu penerapan implementasi NLE di Pelabuhan Lembar ini dapat menyelaraskan dalam hal proses arus barang di pelabuhan,” kata Capt. Hendri.NLE merupakan platform kolaborator yang tidak menghilangkan sistem eksisting, namun berfungsi sebagai penghubung yang mengintegrasikan tiap entitas yang terlibat di pelabuhan bersama-sama mewujudkan kemudahan pelayanan logistik di Indonesia menjadi lebih efektif dan efisien.

“Dengan adanya komitmen antar kementerian dan lembaga serta dukungan dari seluruh stakeholder terkait diharapkan kerjasama antara government to government, government to business serta business to business dapat berjalan lebih optimal dan dapat meningkatkan kinerja pelabuhan serta menaikkan daya saing global pada pelabuhan Lembar,” jelas nya.

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *