Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Transportasi

RUSPT Citra Marga Milik Jusuf Hamka, Istri Denny Sumargo Jadi Komisaris Independen

1126
×

RUSPT Citra Marga Milik Jusuf Hamka, Istri Denny Sumargo Jadi Komisaris Independen

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menggelar Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada 16 Juni 2023 lalu. Selama tahun buku 2022, kinerja CMNP meningkat. Seiring dengan pemulihan mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19, maka terjadi juga pemulihan volume lalu lintas di ruas-ruas tol CMNP.

Di sisi lain, program optimasi di segala bidang semakin membuat kinerja Keuangan CMNP meningkat tajam.  “Laba usaha perusahaan meningkat Rp 258,56 miliar atau 26,19%. Laba bersih perusahaan juga meningkat sebesar Rp 225,25 miliar atau 31,75%. Tidak hanya itu, EBITDA perusahaan ikut naik Rp 314,56 miliar atau 28,50%” ucap Direktur Keuangan CMNP Hasyim dalam siaran pers.

Example 300x600

Sebagai mitra yang bekerja sama dengan pemerintah dalam membangun negeri sejak pendirian 1987 hingga 2062 bahkan lebih, CMNP terus berkomitmen dalam upaya pengembangan inter-konektivitas jaringan jalan tol, dan dari masa ke masa berhasil menyelesaikan berbagai proyek jalan tol.

CMNP menyebut bahwa pengoperasian jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 resmi dimulai pada 24 Januari 2022. Dilanjutkan dengan dibukanya Seksi 2 dan Seksi 3 secara fungsional pada tanggal 15 Desember 2022 dan kemudian mulai bertarif pada tanggal 28 Februari 2023.

Direktur Operasional CMNP Djoko Sapto menyampaikan, proyek jalan tol Cisumdawu menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diprioritaskan oleh pemerintah khususnya terkait dengan Bandara International Kertajati.

Oleh karena itu, CMNP bersama dengan beberapa kontraktor BUMN dan swasta telah mencapai progres signifikan di tengah kendala kondisi alam dan pengadaan tanah.

“Dengan komitmen dari semua pemangku kepentingan utama, baik dewan komisaris, konsultan, kontraktor, dan pemerintah pusat serta pemerintah daerah, pada tahun 2023 jalan tol Cisumdawu akan beroperasi secara penuh dari Seksi 1 yang terhubung dengan ruas jalan tol Purbaleunyi, hingga Seksi 6 yang terhubung dengan ruas jalan tol Cipali,” ungkap dia.

Sejak tanggal 15 April hingga 1 Mei lalu jalan tol Cisumdawu Seksi 4, 5, dan 6 telah dioperasikan terbatas untuk membantu mengurai arus mudik dan kemudian arus balik lebaran.

Selain itu, proyek jalan tol lain yang menjadi prioritas CMNP adalah Harbour Road 2 Elevated (HBR-2). CMNP dan kontraktor BUMN PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dan PT Girder Indonesia telah menandatangani kontrak jasa konstruksi rancang bangun untuk pembangunan proyek HBR-2 yang akan terhubung dengan jaringan jalan tol JIUT maupun JORR.

Saat ini, pelaksanaan pekerjaan lapangan dilakukan secara simultan antara penyiapan lahan yaitu pengadaan tanah dan penanganan utilitas, serta pelaksanaan konstruksi sekaligus revisi dan optimasi desain dengan skema rancang dan bangun.

Pekerjaan konstruksi termasuk pembangunan Akses On-Off Ramp ke area Jakarta International Stadium (JIS) pada ruas jalan tol HBR di area Papanggo, sesuai dengan permintaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Kementerian PUPR.

Selain RUPST, pada agenda RUPSLB pemegang saham CMNP telah menyetujui pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) III dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue yaitu sebanyak-banyaknya 2.232.846.365 lembar saham untuk pengembangan usaha CMNP.

Pelaksanaan PUT III dilakukan untuk memperkuat struktur permodalan dalam mendukung program pengembangan usaha berkelanjutan melalui CMNP dan anak usaha, meningkatkan pos akun kas dan setara kas serta ekuitas perusahaan dengan nilai sesuai dengan harga pelaksanaan, dan memperbaiki rasio-rasio keuangan perusahaan.

Kondisi tersebut akan menjaga dan meningkatkan kepercayaan pemerintah kepada CMNP dalam pengembangan jaringan jalan tol melalui skema KPBU atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha.

Pemegang saham juga menyetujui pengunduran diri Komisaris Independen dan menggangkat Olivia Allan sebagai Komisaris Independen dengan masa jabatan sampai dengan ditutupnya RUPS Tahunan Tahun buku 2024.

Dengan demikian, maka susunan Pengurus CMNP menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Feisal Hamka

Komisaris Independen : Dionisius Widijanto

Komisaris Independen : Olivia Alan

Direksi

Direktur Utama : Fitria Yusuf

Direktur Independen : Hasyim

Direktur Independen : Djoko Sapto M. Mulyo

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *