Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Opini

ESR Group Mulai Konstruksi ESR Karawang Logistics Park 1, Proyeksi Jadi Hub Industri Otomotif

304
×

ESR Group Mulai Konstruksi ESR Karawang Logistics Park 1, Proyeksi Jadi Hub Industri Otomotif

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

ESR Group Limited bersama dengan anak perusahaannya, telah memulai konstruksi ESR Karawang Logistics Park 1. Ini merupakan fasilitas Grade A pertama di kabupaten dimana banyak perusahaan manufaktur beroperasi, terutama produsen otomotif. ESR Karawang Logistics Park 1 akan menawarkan fasilitas gudang, terutama untuk mereka yang bergerak di sektor otomotif, barang konsumsi dan makanan.

Fasilitas ini merupakan gabungan gross floor area (GFA) seluas 97.902 meter persegi meliputi lima gedung gudang satu lantai untuk kebutuhan penyimpanan dan distribusi.  Selain pasar logistik, luas lahan yang besar dari kawasan pergudangan ini mencapai 157.887 meter persegi.

Example 300x600

Sehingga, ini memungkinkan pengembangan fasilitas lain seperti pusat data, sejalan dengan fokus Ekonomi Baru ESR di bidang logistik dan perdagangan elektronik, pusat data, ilmu pengetahuan, dan industri berbasis teknologi canggih.

Terletak di Kawasan Industri Surya Cipta, ESR Karawang Logistics Park 1 adalah satu-satunya fasilitas dengan pintu masuk Utara dan Selatan di daerah industri yang berkembang di Koridor Timur Jakarta.

Terletak hanya satu jam dari Jakarta, kawasan pergudangan ini dapat diakses melalui beberapa jalan tol, termasuk jalan tol layang Jakarta-Cikampek, serta jalan tol Jakarta–Cikampek II (Sisi Selatan), jalan tol Cibitung–Cilincing, dan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan beroperasi.

Pergudangan ini juga berada di dalam kawasan industri yang sudah berkembang dan berlokasi paling dekat dengan Pelabuhan Patimban, dimana pelabuhan ini akan direncanakan menjadi pelabuhan ekspor utama Indonesia. Konstruksi bangunan pertama telah dimulai, setelah penyelesaian tata letak dan desain dengan satu penyewa dari sektor Manufaktur Industri.

Diskusi dengan penyewa potensial lainnya juga sedang berlangsung. Kawasan logistik ini direncanakan akan diisi dengan lima fasilitas, yang kesemuanya akan  memiliki fasilitas instalasi panel surya guna mengurangi dampak lingkungan.

Jeffrey Shen, Pendiri Grup ESR mengatakan Indonesia adalah pasar penting dalam ekspansi di Asia Tenggara. Perusahaan sedang memaksimalkan keahlian terbaik di bidang pengelolaan dana dan pembangunan, yang bertujuan untuk membangun nilai bagi penyewa, mitra, dan masyarakat.

“Dengan aset baru dan yang akan datang, termasuk ESR Karawang Logistics Park 1, kami terlibat secara jangka panjang, sepenuhnya berkomitmen untuk  mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, membuka berbagai peluang investasi, dan menciptakan lapangan kerja,” katanya dalam siaran pers (12/9).

Di tengah pertumbuhan PDB yang semakin cepat dan permintaan yang melonjak dalam kebutuhan pergudangan dan distribusi, perseroan ingin berperan membantu memperkuat rantai pasokan nasional. Ini akan menghasilkan efisiensi bagi penyewa dan pelanggan melalui pusat logistik modern yang terletak strategis.

Dimulainya pembangunan ini merupakan hasil dari kemitraan strategis yang dijalin antara ESR, Indonesia Investment Authority (INA), dan MC Urban Development Indonesia, anak perusahaan Mitsubishi Corporation, untuk membuka potensi peluang investasi pergudangan modern di Indonesia.

ESR Karawang Logistics Park 1 adalah salah satu dari tiga aset yang dikembangkan dan dikelola oleh ESR di bawah kemitraan ini. Para mitra sedang menjelajahi kemungkinan untuk melakukan investasi gabungan tambahan di sektor ini.

Per 30 Juni 2023, ESR memiliki proyek pembangunan senilai 13,0 miliar dolar AS, workbook pengembangan terbesar di kawasan Asia Pasifik. Pada paruh pertama tahun 2023, Grup mencapai rekor pembangunan senilai 3,8 miliar dolar AS serta penyelesaian senilai 2,2 miliar dolar AS yang sudah terealisasi.

Ini menunjukkan kemampuannya dalam memberikan hasil dalam skala besar. Di Indonesia, ESR memiliki total aset di bawah pengelolaan senilai 942 juta dolar AS dan luas GFA sebesar 886.000 meter persegi per 30 Juni 2023.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *