Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pelabuhan

Pelindo Multi Terminal Layani Ekspor 10 Ribu Ton Cangkang Sawit ke Jepang

372
×

Pelindo Multi Terminal Layani Ekspor 10 Ribu Ton Cangkang Sawit ke Jepang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding Pelindo melayani aktivitas ekspor sebanyak 10.000 ton cangkang sawit PT Biomas Andalan Indonesia Kharisma (BAIK) ke Jepang. Hal tersebut ditandai dengan Ekspor tersebut dilakukan melalui Pelabuhan Krueng Geukueh, Aceh Utara, yang saat ini telah dioperasikan SPMT.

Cangkang sawit itu diangkut oleh Kapal Sun Brave menuju Kota Hokkaido. Nantinya, cangkang sawit itu akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Seperti diketahui, Aceh memang dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil kelapa sawit, yang banyak menghasilkan produk turunan cangkang sawit.

Example 300x600

Sekretaris SPMT Fiona Sari Utami mengatakan, Pelabuhan Krueng Geukueh saat ini berupaya untuk terus meningkatkan volume ekspor dari Aceh. Hal ini selaras dengan tujuan SPMT yang ingin mengakselerasi pembangunan Indonesia.

“Sebagai bagian dari BUMN Pelindo, SPMT siap berperan mendukung kelancaran konektivitas logistik serta jaringan ekosistem logistik yang lebih kuat,” kata Fiona dalam siaran pers, Rabu (9/8).

“Salah satunya melayani aktivitas ekspor yang nantinya akan menghidupkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya. Iamenambahkan, aktivitas ekspor cangkang sawit dari Aceh ke Jepang ini sendiri membuktikan jika Pelabuhan Krueng Geukueh siap untuk melayani aktivitas ekspor, baik itu cangkang sawit, CPO maupun komoditas lainnya.

Tercatat dari April hingga Agustus 2023 ada lima kapal yang memuat cangkang di pelabuhan tersebut. Selain melayani kapal-kapal untuk aktivitas ekspor ke Asia hingga Eropa, Pelabuhan Krueng Geukueh juga memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa di antaranya adalah dua dermaga sandar, gudang storage, hingga lapangan penimbunan.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *