Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Tak Berkategori

ASDP Layani 3,72 Juta Unit Kendaraan Logistik Sejak Januari hingga September 2023

301
×

ASDP Layani 3,72 Juta Unit Kendaraan Logistik Sejak Januari hingga September 2023

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Dalam laporan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di mana sejak Januari hingga September 2023 melayani sebanyak 3,72 juta unit kendaraan logistik dari kendaraan golongan IV B, V B, VI B, VII, VIII, dan IX. Angka tersebut meningkat 3,22 persen atau sebanyak 119.963 kendaraan dari tahun sebelumnya yang mencapai 3,6 juta unit.

Data ASDP menunjukkan peningkatan terbesar volume kendaraan yang menyeberang berasal dari golongan VII sebesar 14 persen atau mencapai 218.696 unit dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

Example 300x600

“Sektor logistik menjadi pilar utama yang menopang bisnis penyeberangan ASDP ketika masa pandemi hingga saat ini,” kata  Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam siaran pers (22/10).

Diketahui ketika pandemi, kelancaran sektor logistik menjadi lebih krusial, sehingga ASDP berkewajiban tetap melayani kendaraan logistik untuk menjaga rantai pasokan logistik ke daerah-daerah.

Ira menuturkan, jumlah penumpang dan kendaraan penumpang yang menggunakan kapal ferry mengalami penyusutan cukup signifikan saat pandemi Covid-19 pada 2020. Namun, setelah pandemi berakhir, situasi perlahan membaik.ASDP mengapresiasi langkah pemerintah yang sejak awal pandemi telah mendukung sektor logistik melalui jasa penyeberangan.

“Pencapaian ini didorong dengan adanya langkah pemerintah yang sejak awal pandemi telah mendukung sektor logistik melalui jasa penyeberangan dengan tidak melakukan pembatasan bagi angkutan barang agar kelancaran arus logistik terjamin. Sehingga, stabilitas bahan pokok di seluruh daerah dapat tercapai,” ujarnya.

Data ASDP menunjukkan peningkatan terbesar volume kendaraan yang menyeberang berasal dari golongan VII – jenis kendaraan barang dengan rentang panjang lebih dari 10 meter hingga 12 meter – yaitu sebesar 14 persen atau mencapai 218.696 ribu unit dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

Selain itu, peningkatan jumlah volume kendaraan juga terjadi pada golongan V B – jenis kendaraan barang ukuran sedang dengan panjang 5-7 meter – yaitu mencapai 1,56 juta unit kendaraan per September 2023.ASDP menargetkan total pendapatan perusahaan sebesar Rp 5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp 700 miliar selama 2023.

ASDP terus meningkatkan pelayanannya dan berupaya melakukan efisiensi dengan mengakselerasi digitalisasi penyeberangan melalui layanan online ticketing Ferizy.
Hingga saat ini, online ticketing Ferizy telah berlaku di 4 pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

 

Sementara penerapan metode pembayaran non tunai (cashless) dengan kartu uang elektronik, virtual account, dan dompet elektronik di lebih dari 25 pelabuhan ASDP, telah mencapai 100 persen

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *