Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Polri: Microsleep Penyebab Utama Insiden Maut di Km 58 Ruas Tol Jakarta-Cikampek

129
×

Polri: Microsleep Penyebab Utama Insiden Maut di Km 58 Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merilis penyeban utama terjadinya insiden maut di Km 58 ruas Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan 12 korban (8/4). Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebutkan, kondisi microsleep dialami sopir Grand Max lantaran kelelahan usai berkendara selama empat hari berturut-turut dari Jakarta-Ciamis.

“Jakarta-Ciamis sampai tanggal 8 April 2024 sehingga pengemudi mengalami kelelahan yang mengakibatkan microsleep atau mengantuk karena kelelahan,” kata dia dalam siaran pers, (15/4).Namun, untuk keterangan lebih jauh, saat ini Polri membentuk tim khusus, yaitu Traffic Accident Analysis (TAA), untuk menganalisis secara saintifik mengenai musibah maut ini.

Example 300x600

“Dalam peristiwanya kita lakukan secara saintifik yakni melalui TAA di mana proses perkara ini ditangani Polda Jawa Barat dan di-back up oleh Korlantas,” kata dia. Atas temuan tersebut, pemudik yang hendak melakukan perjalanan balik diimbau untuk senantiasa berhati-hati dan istirahat dengan cukup. Jangan pernah memaksakan tubuh untuk beraktivitas meski merasa mampu.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, microsleep merupakan suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk, pada umumnya kejadian microsleep berlangsung sekitar sepersekian detik hingga 10 detik penuh.

Namun, durasi microsleep dapat bertambah lama jika seseorang benar-benar memasuki waktu tidur. Microsleep bisa terjadi dalam beberapa episode yang berdekatan, saat seseorang mencoba dan gagal untuk tetap terjaga. Seringkali dalam microsleep, otak membalik dengan cepat antara tertidur dan terjaga.

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *