Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Logistik

KAI dan ASDP Kolaborasi Konektivitas Logistik dari Stasiun Babat ke Pelabuhan Paciran di Lamongan

353
×

KAI dan ASDP Kolaborasi Konektivitas Logistik dari Stasiun Babat ke Pelabuhan Paciran di Lamongan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN KAI dan ASDP atau Kereta Api Indonesia dan Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesia Ferry menjalin kerjasama. Kolaborasi KAI dan ASDP dilakukan untuk mengintegrasikan angkutan multimoda di Jawa Timur.

Nantinya, akan terjadi konektvitas dari Stasiun Babat di Lamongan ke Pelabuhan Paciran di Lamongan. Pelabuhan Paciran sendiri merupakan Pelabuhan penyeberangan menuju ke Pulau Bawean. Selain itu, ada juga konektivitas angkutan multimoda antara Stasiun Pasar Turi di Surabaya dengan Pelabuhan Gresik yang digunakan untuk penyeberangan ke Pulau Bawean.

Example 300x600

Penandatangan kerjasama KAI dan ASDP dilaksanakan di Jakarta Railway Centre, Jakarta Pusat, pekan lalu. Manajemen ASDP terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan terutama dalam menyediakan akses pengiriman dan integrasi logistik.Salah satunya adalah dengan membentuk sinergi bersama BUMN lain dalam kluster logistik.

“Sebelumnya sudah dilakukan penjajakan teknis di lapangan antara pihak ASDP dan KAI. Kami melihat peluang jika stasiun milik KAI yang berada dekat dengan pelabuhan bekerjasama dengan ASDP sebagai operator Pelabuhan, maka akan semakin memerlancar arus penyeberangan logistik untuk masyarakat,” kata Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry Muhammad Yusuf Hadi dalam siaran pers (10/9).

Adapun area potensial untuk dieksplorasi lebih jauh adalah integrasi multimoda di lintasan penyeberangan Paciran menuju Pulau Bawean dengan Stasiun Babat, di Lamongan. Berpedoman pada misi ASDP untuk menciptakan dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan menghubungkan masyarakat dan pasar, ASDP sebagai operator pelabuhan berskala nasional akan terus mengupayakan peningkatan fasilitas pelabuhan melalui budaya pelayanan yang profesional dan berkualitas.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman dan sinergi bersama KAI ini, ASDP berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan prima untuk perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan, serta mendukung pengembangan ekonomi daerah dan negara melalui layanan logistik antarwilayah.

“Perlu digarisbawahi bahwa nota kesepahaman ini tidak menutup kemungkinan potensi kolaborasi dengan mitra BUMN lainnya. Kita akan mengkaji lebih lagi untuk rencana peningkatan fasilitas dalam memenuhi standar minimum pelayanan,” jelas Yusuf menambahkan.

Sementara itu, Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, kolaborasi KAI dan ASDP ini sebagai upaya bersama dalam mewujudkan terintegrasinya kemampuan kedua BUMN yang sebelumnya masih terpisah-pisah.

“Semoga langkah-langkah yang kita lakukan hari ini dalam membangun kolaborasi antar BUMN, membangun sinergi transportasi bidang logistik, dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dan memberikan value yang baik bagi BUMN. Sehingga kita bisa bersama-sama memberikan sumbangan untuk membangun efisiensi distribusi logistik di negeri ini,” ucap Hadis.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *