Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Jepang Cabut Izin Produksi Daihatsu Grand Max Imbas Skandal Manipulasi Data Sertifikasi

143
×

Jepang Cabut Izin Produksi Daihatsu Grand Max Imbas Skandal Manipulasi Data Sertifikasi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) memutuskan untuk memproses pencabutan izin atau Vehicles Type Approval (VTA) bagi tiga model keluaran Daihatsu Motor Co, Ltd. Kebijakan ini menyusul pelaporan dari investigasi terkait penyimpangan prosedur sertifikasi yang dilakukan Pihak Ketiga.

Daihatsu telah memasukan laporan tersebut kepada MLIT. Pascapelaporan, MLIT pun melakukan penyelidikan langsung. Sebagai hasil dari investigasi lapangan yang dilakukan, MLIT mencabut VTA untuk produksi tiga model meliputi Daihatsu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo yang dijual di Jepang.

Example 300x600

Otoritas menganggap penyimpangan prosedur proses sertifikasi ketiganya sangat serius. Selain itu, MLIT mengkonfirmasi adanya contoh baru penyimpangan prosedur. Lebih lanjut, Daihatsu hari ini menerima perintah perbaikan yang mendesak untuk melakukan reformasi mendasar terhadap struktur perusahaan.

Hal itu dikarenakan penyimpangan prosedur mengarah pada pelanggaran peraturan perundang-undangan. “Kami telah mengkhianati kepercayaan seluruh pemangku kepentingan kami termasuk pelanggan, dan kami sekali lagi menyampaikan permintaan maaf yang tulus atas ketidaknyamanan besar yang kami timbulkan,” tulis Manajemen Daihatsu Motor dikutip dari siaran pers (16/1).

Selanjutnya, Daihatsu berjanji melakukan peninjauan menyeluruh terhadap prosedur sertifikasi, serta menerapkan reformasi dari perspektif manajemen, lingkungan dan budaya tempat kerja. “Kami akan berupaya mewujudkan revitalisasi perusahaan dengan dukungan komprehensif dari Toyota Motor Corporation,” tulis manajemen.

Selain itu, MLIT memerintahkan Daihatsu untuk segera menyampaikan pemberitahuan jika diperlukan untuk melakukan penarikan kembali terhadap Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy. Dua model tersebut juga memiliki kemungkinan ketidakpatuhan prosedur selama proses sertifikasi

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *