Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Trucking

Jalan Tol Trans Sumatra Sudah Rampung 1.021,5 KM, Truk Logistik Mulai Diuntungkan

281
×

Jalan Tol Trans Sumatra Sudah Rampung 1.021,5 KM, Truk Logistik Mulai Diuntungkan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) sudah berjalan selama empat tahun. PT Hutama Karya (Persero) selaku penggarap proyek ini mengeklaim telah merampungkan 1.021,5 km ruas tol. Jalan itu menghubungkan hampir seluruh wilayah di Sumatra, mulai dari Lampung—Aceh (backbone), ruas sirip (feeder) dari Timur ke Barat.

Begitu juga sebaliknya yang meliputi Palembang—Bengkulu, Pekanbaru—Padang, dan dari Medan—Pematang Siantar. Dari total tersebut, sepanjang 681 km ruas tol telah beroperasi, sedangkan 347,5 km masih dalam tahap konstruksi.

Example 300x600

Kepadatan lalu lintas di Jalan Nasional atau Jalan Lintas Sumatra mendorong pembangunan konektivitas bebas hambatan demi memperlancar distribusi arus barang dan kendaraan, sehingga biaya logistik dapat dipangkas secara efektif.

Hutama Karya meyakini kehadiran JTTS memiliki efek berganda (multipliereffect) bagi warga Sumatra. Hal itu terlihat dari kemunculan sektor perekonomian baru di sejumlah wilayah.Di samping itu, seorang sopir truk sayur bernama Riu, mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Tol Trans Sumatra.

Ia bercerita, sebelum jalan tol ini ada, dia mesti menghabiskan waktu 2—3 hari untuk membawa dagangan. Akibat perjalanan terlalu lama, sayur yang diangkut sering kali sudah tidak segar, sehingga menelan banyak kerugian.

“Enaknya dengan jalan tol, jika dari Jakarta ke Palembang hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 hari. Jadi, kami sopir-sopir memiliki kepastian waktu, istilahnya kita untung waktu lah dan juga aman,” ujar Riu di sekitar Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, dikutip dari siaran pers (1/10).

Ruas yang saat ini telah beroperasi secara penuh antara lain: Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan Binjai (17 km). Lalu, Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2—6 (50 km), Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18 km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), Tol Indralaya – Prabumulih (64 km), serta Tol Binjai – Langsa Segmen Binjai – Stabat (7,5 km).

Menjelang akhir tahun, Hutama Karya menargetkan 13 ruas JTTS tahap I selesai, lalu memulai pembangunan JTTS tahap II yang meliputi Tol Betung – Jambi seksi 3 Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 km dengan skema dukungan konstruksi dan Tol Lingkar Pekanbaru (30,5 km).

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *