Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan logistik terkemuka di Indonesia, terus memperkuat jaringan layanan di wilayah Indonesia Timur, terutama di Nusa Tenggara Timur (NTT). Indonesia bagian timur merupakan area yang terbilang sulit dicapai perusahaan ekspedisi logistik, sehingga, banyak potensi bisnis yang belum tergali.
Penguatan jaringan logistik di area ini dipercaya perusahaan selain memperluas jaringan, juga meraup pasar yang jarang digarap. Virtual CEO Lion Parcel Liolio menjelaskan perusahaan berkomitmen melayani kebutuhan pengiriman masyarakat di berbagai wilayah, termasuk Indonesia Timur dan kota-kota di NTT yang kerap menghadapi tantangan akses logistik.
“Salah satu upaya kami adalah menghadirkan mitra lokal di setiap kota, untuk memastikan pengiriman berjalan lancar dan terintegrasi satu sama lain,” katanya dalam siaran pers (2/6).
Kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dan tersebar di lebih dari 20 kabupaten di NTT menuntut sistem logistik yang andal. Lion Parcel menjawab tantangan ini dengan memanfaatkan integrasi jaringan penerbangan Lion Group, yang memiliki lebih dari 350 armada, termasuk pesawat jenis ATR yang mampu menjangkau wilayah-wilayah terpencil.
Dukungan ini memungkinkan Lion Parcel memberikan layanan pengiriman hingga ke 98% wilayah Indonesia, termasuk kota-kota di Nusa Tenggara Timur. Peran Lion Parcel di NTT tidak hanya sebagai penghubung distribusi barang masuk (incoming), tetapi juga mendukung pengiriman produk lokal keluar wilayah (outgoing).
Hal ini membuka peluang bagi komoditas lokal NTT untuk menjangkau pasar yang lebih luas di seluruh Indonesia dan bahkan hingga ke luar negeri. Untuk memperkuat layanan, Lion Parcel bekerja sama dengan ratusan mitra agen yang tersebar di seluruh penjuru NTT, mulai dari Ibu Kota Provinsi Kupang hingga kabupaten-kabupaten lain seperti Larantuka.
Deddy A Elim, mitra Lion Parcel Kupang, mengungkapkan bahwa Kupang menjadi hub logistik utama di wilayah NTT, menjadi pusat distribusi bagi pengiriman barang dari dan ke sebagian besar wilayah di sekitarnya. Kehadiran Lion Parcel dengan dukungan jaringan dan infrastruktur yang kuat terbukti mampu menjaga kelancaran distribusi logistik di NTT.
“Dengan dukungan Lion Parcel, banyak komoditas lokal dari NTT kini bisa menjangkau pasar yang lebih luas di luar pulau. Salah satunya Alpukat Soe, yang jadi produk unggulan dan banyak diminati oleh masyarakat di luar daerah. Ada juga kain tenun khas NTT yang telah dikirim hingga ke luar negeri,” ujar Deddy.
Strategi Lion Parcel dalam memperkuat layanan di wilayah Timur Indonesia merupakan bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan untuk menciptakan sistem logistik yang inklusif dan mampu menjangkau seluruh pelosok negeri secara berkelanjutan. Lion Parcel juga terus meningkatkan aksesibilitas layanan di wilayah NTT dan sekitarnya lewat penambahan jumlah mitra agen.