Wide-Body Dump Truck Jadi Idola Baru Pengusaha Tambang Indonesia

By TransGO 12 Agu 2021, 15:00:00 WIB Opini
Wide-Body Dump Truck Jadi Idola Baru Pengusaha Tambang Indonesia

Dump truck memegang peranan sangat penting pada industri pertambangan. Bersama excavator, kegiatan operasional pertambangan tidak mungkin berlangsung. Untuk itu produktivitas dan kehandalan dump truck sangat menentukan produksi yang bisa didapat.

Pertambangan di Indonesia selama ini mengenal 3 jenis dump truck, yaitu dump truck biasa, yang merupakan truk multifungsi yang ditambahkan kemampuan dumping (membuang muatan). Merek-merek truk yang beredar di Indonesia yang termasuk jenis dump truck ini seperti Hino, Fuso, UD Trucks, Merecedes Benz, Volvo, Scania, Iveco, dan lainnya.

Ciri khas dari dump truck jenis ini adalah bak (dump body) yang dibuat oleh karoseri (body builder), penggunaan ban standar truk. Dump truck jenis ini juga dump body-nya memiliki ukuran yang bervariasi. Jenis dump truck kedua adalah Articulated DumpTruck (ADT). Merek-merek produsen ADT ini seperti Volvo, Caterpillar, Komatsu, Terex, Doosan, dan lainnya.

Baca Lainnya :

ADT ini memiliki ciri khas bagian head-nya bisa berputar menyesuaikan dengan kondisi medan, sehingga ADT ini sangat handal untuk beroperasi di medan yang sangat buruk. Sementara adalagi Off-Highway Truck (OHT), merupakan jenis dump truck berukuran besar, kalau boleh dikatakan raksasa.

Karena ukurannya, dump truck seperti tersebut sangat umum digunakan pada tambang-tambang skala sangat besar karena kemampuannya mengangkut material dalam jumlah besar. Merek-merek OHT yang populer seperti Caterpillar, Komatsu, Hitachi, Liebherr, dan lain- lain.

Selain ketiga jenis dump truck di atas, belakangan mulai masuk satu jenis dump truck baru di pertambangan, yaitu wide-body dump truck. Dump truck jenis ini dipelopori oleh pabrikan-pabrikan alat berat asal Tiongkok. Wide-body dump memiliki tampilan mendekati OHT, namun secara ukuran sedikit lebih besar dari dump truck biasa.

Di Tiongkok, wide-body dump truck mulai dikembangkan sekitar tahun 2008 dan pelan-pelan semakin populer karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.Kelebihan dari dump truck jenis ini kapasitas muatannya (payload) yang cukup besar.

Lebih besar dari dump truck biasa yang memiliki payload berkisar 20-50 ton, wide-body dump truck memiliki payload 40-60 ton, sehingga setara dengan ADT ukuran terbesar, atau OHT ukuran kecil. Kapasitas besar ini karena wide-body dump truck memiliki lebar sekitar 2,5 meter.

Karena itulah wide-body dump truck ini tidak bisa dioperasikan di jalan raya. Untuk ukuran ban, wide-body dump truck ini menggunakan ban ukuran 14.00R25 atau 16.00R25, lebih besar dari ban dump truk biasa. Untuk jarak tempuh idealnya cuma sekitar 3 - 5 km, sehingga cocok untuk mengangkut material OB.

Kelebihan lainnya, wide-body dump truck ini memiliki harga yang lebih murah, berkisar 30% dibandingkan harga ADT atau OHT yang setara kapasitasnya, yang otomatis biaya perawatannya pun lebih murah.

Pelopor wide-body dump truck di Indonesia adalah Tonly yang diageni oleh PT. Airindo Sakti yang digunakan pada sebuah quarry di wilayah Bogor sekitar tahun 2015. Pada saat ini wide-body dump truck makin banyak digunakan pada area pertambangan di Indonesia. Beberapa merek wide-body ini seperti Tonly, Sany, LGMG, XCMG, Zoomlion, Senta (Weichai), Sinotruck, Shantui, dan lain-lain.

Penulis: Evron Sinaga **

Foto: Sany Group

 

**

Praktisi di bidang alat berat yang berpengalaman hampir 20 tahun. Berfokus pada perawatan alat berat bermodal pengalaman kepemimpinan di beberapa perusahaan alat berat nasional dan multinasional.

Linkedin: https://www.linkedin.com/in/evron-sinaga/

Ponsel: 0811-109-5550

Email: evronsng@gmail.com

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment