Volvo Trucks Indonesia Perkenalkan FH16 dan FMX, Kapasitas Daya Angkut hingga 285 Ton

By TransGO 23 Sep 2021, 14:00:00 WIB Automotif
Volvo Trucks Indonesia Perkenalkan FH16 dan FMX, Kapasitas Daya Angkut hingga 285 Ton

Volvo Trucks Indonesia bersama dengan PT Wahana Inti Selaras memperkenalkan unit baru dari Volvo Trucks yaitu FH16 dan FMX. Kedua unit baru  tersebut secara tampilan eksterior dan interiornya ini sesuai dengan tujuan Volvo Trucks yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan ramah lingkungan. 

Tidak hanya itu, unit baru truk ini juga dibuat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja karena peningkatan performa yang menjadi keunggulan Volvo Trucks. “Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu quality, safety, dan environmental care.”ucap Bambang Prijono, Direktur PT Wahana Inti Selaras dalam siaran pers (22/9).

Meski begitu, ia menyebut tidak hanya kenyamanan dan keamanan, hal penting dari truk adalah produktivitas dan ini yang terus dikembangkan oleh Volvo. Perubahan yang terjadi pada unit baru Volvo Trucks ini tidak hanya pada eksterior, tetapi juga interior. Pada exterior FH16 dan FMX, ada peningkatan pada grill menjadi honeycomb grill yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara yang mampu mendinginkan mesin secara optimal.

Baca Lainnya :

 Selain itu, ada perubahan lain yaitu lampu depan berbentuk V-Shape yang berfungsi untuk meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan dari arah berlawanan. Pada footstep juga terdapat perubahan dengan menggunakan material anti-slip untuk meningkatkan keamanan pengemudi yang akan naik dan turun dari kabin truk.

Peningkatan lain terdapat pada front axle yang memiliki peningkatan kapasitas dari sembilan menjadi sepuluh ton. Pada rear axle terdapat peningkatan dari 32 ton menjadi 38 ton yang memungkinkan untuk mengangkut beban lebih dari 285 ton sekali berkendara. Selain itu, ada peningkatan lain dari vessel dari 35m3 menjadi 45m3 yang menjadi peningkatan signifikan tidak hanya kapasitas, melainkan dari volume.

“Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” kata Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti, Pantas Sihombing.

Untuk utilisasi, Volvo Trucks memiliki lima mode berkendara yang bisa diatur sesuai dengan berbagai kondisi pengemudi saat di jalan seperti efficiency, standard, heavy load, off-road, dan uphill.Pada traction control, semua dibuat lebih sederhana dengan knob putar, tidak lagi dengan berbagai tombol seperti model sebelumnya. 

Volvo juga berupaya mempermudah pelanggan yang memiliki unit truknya untuk mengontrol dan mengakses semua layanan Volvo Trucks mulai dari performa truk hingga jadwal pemeliharaan rutin melalui Volvo Connect. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan truk memantau kondisi truknya rutin secara real-time lewat berbagai platform. 

“Kontribusi Volvo Trucks sangat tinggi untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi termasuk perkembangan teknologinya, karena pengemudi yang lebih fokus akan meningkatkan kualitas pekerjaan dengan lebih optimal,” jelas Chief Operating Officer PT Indotruck Utama Eka Lovyan.

 

Teks: Redaksi

Foto: Volvo Trucks Indonesia




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment