UD Trucks Rilis Quester Euro5 Berteknologi Tinggi, Bisa Minum Solar Subsidi dan Bio Solar

By TransGO 22 Apr 2022, 09:11:48 WIB Automotif
UD Trucks Rilis Quester Euro5 Berteknologi Tinggi, Bisa Minum Solar Subsidi dan Bio Solar

Sambut penerapan standar emisi Euro4, PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) resmi meluncurkan line-up teranyar Quester Euro5, pada 24 Maret 2022 lalu.Terdapat dua teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah yakni teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Penggunaan Teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengharuskan pengusaha truk untuk menggunakan bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex.Dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia.

Maka UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar atau B30 atau solar subsidi dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

Baca Lainnya :

"Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia," ungkap Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, dalam siaran pers yang (12/4).

Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan pada 2015, yakni mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi Selective Catalytic Reduction atau (SCR) sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

Teknologi ini beroperasi pada suhu ruang bakar mesin yang optimal (Suhu tinggi), sehingga memberi keuntungan buat para pengusaha dimana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. Di sisi lain, dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang relatif sama, sehingga mempermudah pengusaha truk di dalam pengadaan part, edukasi mekanik dan pengemudi.

 

Teks: Redaksi

Foto: UD Trucks




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment