Siap-Siap, Pemerintah Segera Rampungkan Proyek Pendeteksi Truk ODOL di Jalan Tol

By TransGO 30 Jul 2021, 12:44:26 WIB Trucking
Siap-Siap, Pemerintah Segera Rampungkan Proyek Pendeteksi Truk ODOL di Jalan Tol

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) merampungkan instalasi teknologi Weight in Motion (WIM) dan overdimension detection pada akhir 2022.

WIM dan overdimension detection merupakan teknologi pengawasan untuk kendaraan bermuatan lebih (overload) dan berdimensi lebih (overdimension). Diketahui, pemerintah akan melarang kendaraan yang overdimension, overload atau kendaraan ODOL beroperasi di jalan tol mulai 2023.

"Sehingga 1 Januari 2023, sudah mulai ada penindakan pelanggar ODOL. Teknologi ini akan terkoneksi dengan sistem penegakan hukum elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang dioperasikan oleh Korlantas Polri,"ujar Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR dalam siaran pers (29/7).

Baca Lainnya :

Pihaknya, saat ini mendorong agar pengelola jalan tol meningkatkan tata kelola sistem layanan jalan tol selama masa pandemi Covid-19, termasuk memanfaatkan teknologi menuju modernisasi sistem operasi jalan tol (Intelligent Tollroad System).

Ia menambahkan, dengan semakin banyaknya ruas tol yang beroperasi, tantangan yang muncul adalah manajemen lalu lintas jalan tol yang semakin kompleks. Oleh karena itu kata dia, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kinerja operasi jalan tol menjadi kebutuhan.

"Tantangan manajemen lalu lintas jalan tol tidak hanya untuk kebutuhan mengelola 1,3 miliar transaksi di tahun 2020 dengan nilai Rp 22 triliun, tetapi juga termasuk tata kelola pengoperasian lalu lintasnya untuk menekan atau mengurangi fatalitas kecelakaan yang ada. Inilah yang menjadi bagian penting dari the Intelligent Tollroad System yang merupakan bagian dari Intelligent Transportation System," jelasnya.

Basuki berpandangan, Intelligent Toll Road System atau Tollroad 4.0 akan menjadi fitur pengoperasian jalan tol di masa depan. Sistem tersebut akan diawali dengan implementasi sistem transaksi nirsentuh dan teknologi pemantauan kendaraan berat.

Dalam mendorong modernisasi layanan jalan tol, Kementerian PUPR tidak akan berhenti pada implementasi sistem transaksi nirsentuh/Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan mulai diterapkan pada tahun 2023.

Teks: Redaksi

Foto: Humas Polri




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment