KAI Logistik melalui KALOG Express menambah jadwal operasional pengiriman barang menggunakan moda kereta api (KA) yang beroperasi pada hari Minggu. Mulai tanggal 14 Juli 2024, KALOG Express siap melayani pengiriman barang setiap hari, tak terkecuali hari Minggu.
“Perubahan pola operasi ini, merupakan salah satu langkah strategis kami dalam pengembangan bisnis retail, khususnya melalui segmen KALOG Express,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama KAI Logistik Fredi Firmansyah dalam siaran pers (13/7).
Ia berharap, melalui strategi ini dapat mempercepat proses layanan pengiriman barang dan meningkatkan kepuasan pelanggan setia KALOG Express. Pihaknya memahami bahwa kelancaran proses distribusi barang merupakan hal yang krusial dalam industri logistik dan menentukan performa logistik.
Menurutnya lonjakan permintaan pengiriman barang yang terjadi pada Sabtu dan Minggu, merupakan momentum yang perlu dimanfaatkan dengan baik dan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam menggunakan layanan KALOG Express.
Untuk itu, pihaknya juga bersinergi dengan induk perusahaan, yaitu PT KAI guna penuhi permintaan pelanggan untuk dapat melakukan proses pelayanan pengiriman barang pada hari Minggu.
“Langkah ini dilakukan melalui penambahaan jadwal operasional dengan moda KA yang beroperasi dengan mengaktifkan berbagai relasi KA,” jelas Fredi. Diketahui, relasi KA yang dimaksud di antaranya KA Majapahit yang melintasi Jakarta, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malang (Perjalanan Pulang Pergi/PP).
Lalu, KA Malabar yang melintasi Bandung, Leles, Cipendeuy, Tasikmalaya, Banjar, Sidoarjo, kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjeng dan Malang (Perjalanan PP).
Selanjutnya, KA Sri Tanjung melintasi Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalistail, Rogojampi, Banyuwangi dan Ketapang (Perjalanan PP).
Fredi menilai, dukungan dari induk perusahaan ini merupakan langkah strategis bagi KAI Logistik untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggan agar barang dapat lebih cepat sampai ke tujuan.
“Dengan pengoptimalan waktu operasional layanan KALOG Express, diharapkan dapat mendongkrak pendapatan harian khususnya pada hari minggu sebesar 40 persen dibandingkan saat sebelum beroperasi,” ungkap Fredi.
Ia menambahkan, dengan pola operasi ini, service point KALOG Express kini telah dapat melayani pengiriman paket pada hari Minggu, yang sebelumnya hanya melayani pengambilan, maupun penerimaan paket yang akan dikirimkan pada hari kerja berikutnya.
Hal ini karena belum tersedianya operasional KA pada hari Minggu. Kini, penyempurnaan layanan ini juga menghidupkan tagline ‘KAI Logistik ispossible’, yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin.
Hal ini juga memastikan terwujudnya kebutuhan dan harapan pelanggan dengan tetap memperhatikan kenyamanan pelayanan. Bahkan, pengoptimalan operasional ini merupakan langkah awal perusahaan untuk terus melakukan perbaikan layanan.
Fredi mengatakan, pihaknya juga berkomitmen, untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.”Dalam waktu dekat, perseroan juga akan memperluas jaringan distribusi dengan optimalisasi moda lain untuk melengkapi rute atau tujuan lain, yang belum terlayani melalui moda KA yang tersedia,” pungkasnya.