Pemerintah Target Serah Terima Operator Pelabuhan Patimban pada 17 Desember 2021

By TransGO 22 Nov 2021, 15:43:37 WIB Pelabuhan
Pemerintah Target Serah Terima Operator Pelabuhan Patimban pada 17 Desember 2021

Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat hampir selesai. Pelabuhan tersebut diharapkan bisa memulai kegiatan ekspor setelah dilakukan pengambilalihan operator  pada bulan depan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap serah terima operator Pelabuhan Patimban bisa dilakukan pada 17 Desember mendatang.

PT Pelindo saat ini menjadi operator Patimban setelah diberi penugasan Kementerian Perhubungan. Nantinya,  pelabuhan yang digadang-gadang terbesar di Indonesia tersebut akan dijalankan  PT Pelabuhan Patimban Indonesia (PPI) dan Toyota Tsusho Corporation. “Setelah serah terima dilakukan, diharapkan pada 17 Desember 2021 sudah dimulai kegiatan ekspor di pelabuhan ini,” katanya dalam siaran pers (18/11).

Pernyataan tersebut, bersamaan dengan kujungannya ke Pelabuhan Patimban guna memastikan penyelesaian akses jalan menuju pelabuhan, termasuk konektivitas jalur pantai utara (pantura) dan akses jalan tol, kondisi operasional pelabuhan dan besaran muatan, juga ketersediaan sarana prasarana pendukung seperti air, Listrik, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan telekomunikasi.

Baca Lainnya :

Patimban yang dibangun dengan menghabiskan dana sekitar Rp 43 triliun, sudah memulai operasi setahun lalu. Sejak Januari hingga Desember,  kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Patimban sudah mencapai total 12.335 unit kendaraan. Sedikitnya sembilan kapal sudah beroperasi dengan rute Patimban-Belawan dan Patimban-Makassar.

Kesembilan kapal tersebut yaitu Ferrindo 5, Serasi V, MV Ostina, Kalimantan Leader, Harmoni Mas 3, Serasi I, Harmoni Mas 8, MV Sulawesi Leader, dan KM Panorama Nusantara. Pelabuhan ini menjadi salah satu alternatif rute bagi jalur angkutan barang yang tidak hanya mendukung ekspor produk otomotif.

Selain itu, menggerakkan ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sektor pertanian, industri kreatif, serta produk lainnya. Budi Karya Sumadi mengatakan, progres pembangunan Pelabuhan Patimban paket satu sudah selesai 100%.

 Paket satu terdiri dari terminal peti kemas seluas 35 hektare dengan kapasitas 250 ribu TEUs,  terminal kendaraan seluas 25 hektare berkapasitas 218 ribu kendaraan utuh (CBU), area reklamasi 60 hektare, dan area kolam seluas 10 meter. "Ini 60 hektar yang sudah direklamasi  dan sudah bisa ekspor mobil 200 ribu dan kontainer sudah bisa 300 ribu disini," kata mantan Dirut Angkasa Pura II tersebut.

Ia menjelaskan, paket dua yang terdiri dari pengerjaan breakwater, seawall, dan pengerukan alur pelayaran saat ini progresnya telah mencapai 99,66%. Sementara itu, untuk pengerjaan jembatan penghubung yang masuk dalam paket tiga saat ini progresnya mencapai 82,41%. Ditargetkan pengerjaan paket akan selesai pada akhir tahun 2021.

Teks: Redaksi

Foto: Kementerian Perhubungan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment