Operasional Gudang Tetap Cuan Meski Terdampak Pandemi, Ini Caranya

By TransGO 18 Okt 2021, 17:37:55 WIB Opini
Operasional Gudang Tetap  Cuan Meski Terdampak Pandemi, Ini Caranya

Anda pasti setuju kalau saya bilang saat ini kita sedang menjalani waktu yang sulit. Pun begitu untuk anda yang saat ini bergerak di bisnis pergudangan. Semuanya terlihat tidak menentu dan tak bisa diprediksi pada saat pandemi COVID-19 sekarang ini. Boro-boro memikirkan keuntungan. Bisa bertahan saja sudah bagus.

Dan untuk bisa bertahan, anda memerlukan strategi yang terencana dengan baik untuk bisa meningkatkan produktivitas operasional gudang anda sekaligus memangkas biaya operasionalnya. Bukan apa-apa, persaingan semakin ketat sekarang ini. Jadi, bukan saatnya anda membelanjakan uang anda untuk hal-hal yang tidak anda perlukan. Anda setuju kan?

Mengurangi biaya operasional gudang harus menjadi daftar teratas hal yang perlu anda lakukan.Tapi anda juga harus ingat, di saat yang sama, kualitas dan pelayanan anda untuk pelanggan harus tetap sama baiknya. Bahkan akan lebih baik jika meningkat.

Baca Lainnya :

Menjalankan operasional gudang memang bukan tugas yang gampang. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan dengan baik kan?Kalau kita bicara tentang operasional gudang, tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya biaya operasional gudang tersebut.

Dan bicara tentang biaya, kalau semakin sedikit dikeluarkan, tentu akan semakin baik. Tapi dengan tetap menjaga kualitas tadi tentunya.Dalam hal pengurangan biaya gudang, tidak boleh ada yang namanya menunda-nunda. Lakukan segera. Secepat mungkin. Kalau perlu sekarang juga.

Kenapa?Karena pada kenyataannya, walaupun anda sudah merasa berhasil mengurangi biaya operasional gudang anda, selalu saja masih ada ruang untuk pengurangan biaya lebih jauh. Itu kalau anda mau melihatnya lebih jeli dan detail.

Nah, karena itulah, pada ulasan kali ini, saya mau mengajak anda melihat tentang apa saja sih yang bisa anda lakukan untuk mengurangi biaya operasional gudang anda? Yang tentunya akan memberi keuntungan lebih besar untuk anda.

 Tujuan Utama

Sebagai tempat penyimpanan, tentu ada kriteria-kriteria tertentu yang perlu anda penuhi untuk membuat pelanggan anda puas.Anda perlu punya data barang yang tersimpan dalam gudang anda secara akurat dan siap anda kirimkan ke pelanggan anda kapan pun ada permintaan.

Perlindungan dan aksesibilitas terhadap barang yang tersimpan di gudang anda adalah prinsip dasar yang harus selalu anda ingat.Kenapa?Tentu saja untuk menjadikan gudang anda memberikan nilai tambah pada siapa pun yang menjadi pelanggan anda.

Untuk itu, setidaknya ada enam persyaratan yang harus anda penuhi untuk memastikan hal itu terjadi:

  • Perlindungan barang.
  • Aksesibilitas barang.
  • Peralatan.
  • Area.
  • Pekerja.
  • Data yang akurat.

Kalau anda mengacu pada enam kriteria tersebut, anda bisa mempersempit area yang kemungkinan paling banyak menghabiskan uang anda. Dan anda bisa mengambil langkah perbaikan dari situ.

 Optimalkan Pemanfaatan Area Penyimpanan

Anda pasti setuju kalau saya bilang biaya paling besar dari sebuah operasional gudang adalah biaya untuk tanah.Dan semakin kecil area yang anda gunakan, akan semakin kecil pula biaya yang harus anda keluarkan.

Dengan mengubah cara anda menyimpan barang di gudang anda, anda akan bisa menyimpan lebih banyak barang dengan area yang relatif lebih kecil. Lorong adalah salah satu bagian terpenting dari layout gudang anda untuk mempermudah pekerja dan peralatan gudang beroperasi.

Lorong juga mempermudah pencarian dan akses ke barang-barang yang diperlukan.Semakin cepat suatu barang bisa ditemukan di dalam gudang, semakin cepat pula barang tersebut bisa dimuat ke truk untuk didistribusikan.

Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan berbagai dimensi forklift yang bisa anda gunakan. Anda tentunya memerlukan dimensi forklift yang berbeda untuk setiap barang yang berbeda pula.Tempatkan dan kelompokkan barang-barang anda berdasarkan ukuran lorong yang diperlukan untuk akses material handling equipments.

Kalau anda bisa mengurangi lebar lorong yang tidak efisien, itu akan jauh lebih baik.Salah satu cara paling baik untuk menyimpan barang adalah dengan metode racking. Dengan menggunakan rak penyimpanan, gudang penyimpanan anda akan semakin efisien dan pemanfaatan areanya jadi lebih optimal.

Dengan racking, akan semakin banyak barang yang bisa anda simpan dengan luas area yang sama dibandingkan anda tempatkan di lantai.Rak dengan lorong sempit dan tinggi adalah tipe rak yang paling umum digunakan.

Pastikan saja faktor keselamatannya tetap terjaga. Gunakan racking system yang sesuai dengan jenis barang yang anda simpan sekarang ini. Tapi sekali lagi, ingat kalau keselamatan adalah yang utama.

 Jaga Stok Anda

Pernah kehilangan barang yang anda simpan di gudang? Berapa besar kerugian yang harus anda tanggung saat itu? Beberapa kerugian yang terjadi di gudang memang disebabkan oleh faktor pencurian atau sekedar salah penempatan. Selebihnya adalah karena rusaknya stok yang anda simpan.

Teks: Dicky Saputra ***

Foto: Istimewa

 

***

Supply Chain Manager PT Nissan Motor Indonesia (2017-2020). Telah terjun di dunia supply chain sekitar 15 tahun terakhir di beberapa perusahaan nasional dan multinasional yang berbeda.

Giat menulis seputar supply chain management di platform berbasis website https://scmguide.com yang dikembangkan sendiri. Beragam pembelajaran bisa didapat lewat situs terebut, seperti procurements, inventory, warehousing, manufacturing, distributions dan lainnya.

 

Linkedin: https://www.linkedin.com/in/dickysaputra

Website: https://scmguide.com

Email: dicky.riskisaputra@gmail.com

No. HP: 0812 1262 1821




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment