Linc, anak usaha dari PT Lautan Luas Tbk, bergerak di bidang logistik dan manajemen rantai pasok. Dalam ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2025 yang diselenggarakan oleh Supply Chain Indonesia (SCI), Linc berhasil meraih penghargaan “3PL of the Year” (Third Party Logistics of the Year) di Jakarta pada 9 September 2025 lalu.
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang dianggap mampu mengoperasikan solusi rantai pasok dan logistik yang terintegrasi, inovatif, dan berkelanjutan, serta yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan industri logistik di Indonesia.
Subakti Setiawan, Presiden Direktur Linc mengatakanm penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk dedikasi dan kolaborasi seluruh tim Linc yang terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
“Setiap langkah yang kami ambil mencerminkan komitmen Linc untuk menghadirkan solusi logistik terintegrasi yang menjawab kebutuhan berbagai sektor industri,”ujarnya dalam siaran pers (10/10).
Sementara itu, Aulia Febrial Fatwa, Commercial and Business Director/Chief Commercial Officer (CCO) mengatakan, penghargaan ini menjadi validasi atas fokus perusahaan terhadap kebutuhan pelanggan.
Penghargaan ini menjadi pijakan untuk terus memperluas kapabilitas Integrated Logistics for Your Wold kepada setiap sektor industri.”Kepercayaan ini menjadi motivasi kami untuk terus menaikkan standar pelayanan di industri logistik nasional,”imbuhnya.
Linc mengusung empat lini bisnis utama yang saling terhubung (end-to-end) untuk membentuk ekosistem logistik terintegrasi, yakni:
- Linc Logistics — pergudangan dan distribusi domestik
- Linc Express — transportasi (darat & laut) dengan pemantauan real-time
- Linc Impex — layanan freight forwarding dan kepabeanan
- Linc Terminal — fasilitas penyimpanan cairan (tank storage)
Selain itu, Linc juga memiliki sertifikasi sistem manajemen mutu (ISO 9001:2015), manajemen lingkungan (ISO 14001:2015), dan K3 (ISO 45001:2018). Diferensiasi layanan Dengan menjalankan empat lini bisnis yang saling terhubung, Linc bisa menawarkan layanan “one-stop” bagi pelanggan. Hal ini menarik dari sisi efisiensi dan integrasi operasional.
Tantangan implementasi integrasi (IT, proses, koordinasi antar divisi) biasanya kompleks. Memastikan seamless service across lini-lini tersebut memerlukan sistem & pengawasan yang kuat. Inovasi & nilai tambah.Penghargaan “3PL of the Year” menunjukkan bahwa Linc dinilai memberikan inovasi dan nilai tambah di bidang logistik dan rantai pasok. Untuk menjaga posisi ini, mereka harus terus berinovasi (digitalisasi, automasi, sustainability) agar tetap unggul dibanding pesaing.