Kereta Api Barang dari Pelabuhan Multiguna Kuala Tanjung ke KEK Sei Mangkei Beroperasi Bulan Depan

By TransGO 26 Sep 2022, 09:54:58 WIB Pelabuhan
Kereta Api Barang dari Pelabuhan Multiguna Kuala Tanjung ke KEK Sei Mangkei Beroperasi Bulan Depan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengoperasikan kereta api barang dari Pelabuhan Multiguna Kuala Tanjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkeii pada bulan depan. Pengangkutan barang dengan kereta api dari pelabuhan ke KEK diprediksi hanya sekitar 30 menit.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa akan dibangun sebanyak 10 pabrik di KEK Sei Mangkei dalam dua tahun ke depan. Diharapkan akan semakin meningkatkan produktivitas Pelabuhan Kuala Tanjung, sebab pengoperasian kereta api barang dilakukan untuk memangkas waktu perjalanan yang lebih lama jika menggunakan jalur darat.

 "Menggunakan kereta api akan lebih efisien dan cepat dibandingkan lewat jalur darat yang lebih padat. Dengan kereta api dari Kuala Tanjung ke Sei Mangkei tidak lebih dari 30 menit," jelasnya dalam siaran pers (24/9). Selain itu, Budi Karya mengungkap Menteri Investasi akan mengundang sejumlah stakeholder untuk menyampaikan rencana kerja Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei pada 2023 dengan capaian produktivitas yang meningkat.

Baca Lainnya :

Diharapkan kapasitas kegiatan di KEK Sei Mangkei terus meningkat dari saat ini 23 persen menjadi 50 persen pada 2024."Sumut adalah daerah yang memiliki banyak potensi, terutama CPO dan Kelapa Sawit. Saya dengar Inalum juga akan melakukan investasi di sini. Dengan sinergi Pelindo dan Inalum ini diharapkan dapat semakin menggeliatkan produktivitas Pelabuhan Kuala Tanjung," terangnya.

Ke depan, Pelabuhan Kuala Tanjung juga akan terus dikembangkan. Saat ini, Tahap I Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung yakni Kuala Tanjung Multipurpose Terminal telah beroperasi.



Teks: Redaksi

Foto: Istimewa






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment