Integrasi Pelabuhan Indonesia segera Terwujud, Sosialisasi Merger Pelindo 1-4 Gencar Dilakukan

By TransGO 28 Sep 2021, 08:46:18 WIB Pelabuhan
Integrasi Pelabuhan Indonesia segera Terwujud, Sosialisasi Merger Pelindo 1-4 Gencar Dilakukan

Sosialisasi tentang rencana merger Pelindo kepada berbagai perwakilan asosiasi dan instansi gencar dilakukan. Merger empat BUMN pelabuhan yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I-IV) (Persero) menjadi satu dinilai milestone perjalanan pelabuhan di Indonesia dan juga rencana strategis dari pemerintah selaku pemegang saham untuk membuat layanan pelabuhan menjadi lebih baik.

Rencana ini akan berperan besar dalam pengembangan kepelabuhan nasional untuk untuk lebih bisa bersaing dengan kompetitor dari mancanegara. Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan saat ini pengelolaan pelabuhan di Indonesia dilakukan oleh 4 entitas BUMN.

Kapabilitas dari masing-masing BUMN ini bisa berbeda baik dari sisi finansial, sumber daya manusia, maupun pengalaman yang mana hal ini berdampak pada perbedaan output pelayanan yang diberikan.

Baca Lainnya :

“Keempat BUMN di masing-masing wilayah operasional menjadi satu BUMN Layanan Kepelabuhan ini, adalah untuk meningkatkan konektivitas nasional dan standarisasi pelayanan Pelabuhan dan layanan logistik yang terintegrasi,” ujarnya melalui siaran pers (27/9).

Sosialisasi yang berlangsung secara daring ini dihadiri oleh berbagai perwakilan asosiasi kepelabuhan diantaranya adalah, Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi), Asosasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Indonesia National Shipowner Association (INSA), Indonesia Shipping Agencies Association, Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (GPEI), Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI),

Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia, Koperasi Tenaga Kerja Bongkat Muat, dan lainnya. Selain itu, beberapa perwakilan instansi pemerintah di wilayah Pelabuhan juga turut hadir, yakni Kantor Syahbandar, Kantor Otoritas Pelabuhan, Kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai, Kantor Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Navigasi, KKP dan Karantina serta pihak Kepolisian.

Teks: Redaksi

Foto: Istimewa

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment