Biosolar Langka, Aptrindo Minta Pemerintah Atur hanya Plat Kuning yang Konsumsi BBM Subsidi

By TransGO 18 Okt 2021, 10:00:00 WIB Transportasi
Biosolar Langka, Aptrindo Minta Pemerintah Atur hanya Plat Kuning yang Konsumsi BBM Subsidi

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengeluhkan terjadinya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis biosolar hampir di seluruh pulau Sumatera, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Situasi ini kerap terjadi di triwulan terakhir setiap tahunnya.

Dampaknya telah terjadi antrian panjang truk-truk yang akan mengisi biosolar selama berjam-jam di Jawa. Bahkan,  sampai berhari-hari di Sumatera sehingga membuat arus distribusi logistik di berbagai daerah terhambat.

"Selain harus mengantri selama berjam-jam, pembelian Biosolar pun dibatasi berbeda-beda di tiap SPBU,”terang Agus Pratiknyo, Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi & Logistik DPD Aptrindo ateng & DIY (17/10).

Baca Lainnya :

Ia menambahkan, kondisi tersebut membuat truk dan bus antar kota antar propinsi ( AKAP) hal seperti ini tentu saja sangat menyulitkan, karena terpaksa harus sering-sering mengantri dan membuang waktu dalam perjalanannya.

Sebagai solusi Agus mengusulkan agar Pertamina memperketat pengawasan terhadap semua SPBU di seluruh Indonesia.  Agar tidak terjadi kebocoran penjualan BBM bersubsidi ke pihak yang tak semestinya.

Kemudian, pemerintah perlu menerbitkan peraturan yang memperbolehkan hanya kendaraan umum plat kuning saja yang bisa menikmati subsidi BBM. “Kami berharap pemerintah mau serius memikirkan soal kelangkaan Biosolar yang sering terjadi ini", tutupnya.

 

Teks: Redaksi

Foto: Istimewa




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment