Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Hub Logistik dan e-Commerce Berkapasitas 500 Ribu Ton

By TransGO 14 Jan 2022, 09:38:11 WIB Logistik
Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Hub Logistik dan e-Commerce Berkapasitas 500 Ribu Ton

PT Angkasa Pura II atau AP II mendukung arahan Menteri Perhubungan untuk menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik dan Maintenance Repair and Overhaul atau MRO. Pengembangan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik tepat dilakukan pada tahun ini sejalan dengan tren positif kargo udara sepanjang 2021.

“Ini saat yang tepat mengembangkan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik. Sektor angkutan penumpang pesawat masih dalam tahap pemulihan, tetapi sektor angkutan kargo udara sudah menunjukkan hasil positif," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin  dalam siaran pers (10/1).

Dia mencontohkan pada sepanjang 2021 pergerakan angkutan kargo di 20 bandara yang dikelola AP II secara kumulatif total mencapai 945.547 ton atau naik cukup signifikan 24,6 persen dibandingkan dengan pada 2020. Terlebih,  peningkatan volume angkutan kargo ini utamanya dipengaruhi bergeliatnya sektor e-commerce.

Baca Lainnya :

“Bandara Kertajati harus dapat menangkap peluang ini, di mana pada 2022 kami perkirakan volume angkutan kargo akan semakin tumbuh didorong semakin bergeliatnya sektor e-commerce," imbuhnya.

Awaluddin juga memperkirakan volume angkutan kargo di 20 bandara AP II pada 2022 dapat mencapai total sekitar 1 juta ton. Bandara Kertajati dan bandara-bandara AP II harus memastikan dapat mengakomodir kebutuhan seiring dengan tumbuhnya volume angkutan kargo.

Apalagi BIJB telah memiliki rencana untuk membangun kawasan kargo e-Commerce hub di Bandara Kertajati sebagai fasilitas mendukung e-Commerce khususnya terkait pengiriman barang/kargo. Direktur Utama PT BIJB Muhamad Singgih mengatakan e-Commerce hub di Bandara Kertajati memiliki luas sekitar 68,4 hektare.

 “Bandara Kertajati akan membangun e-Commerce hub dengan luas sekitar 68,4 hektare dan berkapasitas hingga 500.000 ton per tahun. Saat ini sudah ada rancangan pengembangan untuk membangun e-Commerce hub ini,” jelas Muhamad Singgih.

Lebih lanjut, Muhamad Singgih menuturkan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik akan mendukung kawasan Rebana Metropolitan sebagai motor pertumbuhan ekonomi di wilayah Timur Laut Jawa Barat.

Teks: Redaksi

Foto: Istimewa




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment