Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Trucking

Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation Sepakat Merger antara Mitsubishi Fuso dan Hino

92
×

Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation Sepakat Merger antara Mitsubishi Fuso dan Hino

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation secara resmi mengumumkan penandatanganan kesepakatan final (Definitive Agreements) untuk melaksanakan merger Mitsubishi Fuso dan Hino dalam posisi yang setara. Kolaborasi strategis ini akan menyatukan kekuatan kedua perusahaan guna membentuk pusat kekuatan baru industri truk asal Jepang yang lebih tangguh dan kompetitif, demi memberikan nilai lebih bagi seluruh pemangku kepentingan.

Perusahaan hasil merger ini nantinya akan memiliki lebih dari 40.000 karyawan serta skala operasi, sumber daya, dan kepemimpinan teknologi yang mumpuni untuk membentuk masa depan industri kendaraan niaga di kawasan Asia-Pasifik dan pasar global lainnya. Holding company baru yang menaungi hasil merger ini direncanakan mulai beroperasi pada April 2026 dan akan melantai di bursa sebagai entitas publik.

Example 300x600

“Integrasi Mitsubishi Fuso dan Hino adalah langkah bersejarah. Dua kekuatan besar kini bersatu untuk menghadirkan solusi transportasi rendah karbon. Skala adalah kunci dalam transformasi teknologi industri ini, dan kami percaya kepemimpinan Karl Deppen akan membawa perusahaan baru ini ke level selanjutnya.” Ucap Karin Rådström – CEO, Daimler Truck dikutip dari siaran pers (12/6).

Tokyo/Jepang dan Leinfelden-Echterdingen/Jerman – Daimler Truck AG (Presiden dan CEO: Karin Rådström), Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (Presiden dan CEO: Karl Deppen), Hino Motors Ltd. (Presiden dan CEO: Satoshi Ogiso), serta Toyota Motor Corporation (Presiden dan CEO: Koji Sato), hari ini secara resmi menandatangani perjanjian final merger Mitsubishi Fuso dan Hino.

“Hari ini adalah momen penting bagi semua pemangku kepentingan. Dengan menyatukan kekuatan, merek, dan keahlian kami, kami siap mendukung pelanggan dengan lebih baik. Saya merasa terhormat dipercaya memimpin perusahaan baru ini,” terang Karl Deppen – CEO Mitsubishi Fuso & CEO terpilih holding company.

 

Pokok-pokok Kesepakatan:

  • Mitsubishi Fuso dan Hino akan bergabung secara setara dan bekerja sama dalam pengembangan, pengadaan, dan produksi kendaraan niaga.
  • Perusahaan holding baru hasil merger direncanakan mulai beroperasi pada April 2026.
  • Daimler Truck dan Toyota masing-masing akan memiliki 25% saham di perusahaan holding tersebut.
  • Holding company akan memiliki 100% saham Mitsubishi Fuso dan Hino.
  • Direncanakan untuk mencatatkan perusahaan ini di Prime Market Bursa Saham Tokyo.
  • CEO holding company: Karl Deppen
  • Kantor pusat: Tokyo, Jepang

Detail lebih lanjut, termasuk nama resmi perusahaan holding ini, akan diumumkan dalam beberapa bulan ke depan. Proses ini masih menunggu persetujuan dari dewan direksi, pemegang saham, dan otoritas terkait.

 

Visi Bersama

Kendaraan niaga memainkan peran vital dalam kehidupan sehari-hari—mobilitas penumpang dan barang—dan telah menjadi bagian penting dari infrastruktur sosial. Merger ini lahir dari tekad empat perusahaan untuk menciptakan masa depan mobilitas niaga yang lebih baik, demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera melalui mobilitas yang berkelanjutan.

Melalui merger Mitsubishi Fuso dan Hino, para pihak berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional—mulai dari pengembangan hingga produksi—sekaligus memperkuat daya saing industri kendaraan niaga Jepang dan memperkokoh fondasi industri otomotif di kawasan Asia.

“Kolaborasi ini adalah kesempatan langka. Selain sinergi operasional, kami percaya ada nilai besar dari penyatuan budaya yang berbeda. Dengan semangat yang sama, kami siap membentuk tim yang kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” kata Satoshi Ogiso – CEO, Hino:

Holding company baru ini akan menjadi kontributor penting bagi pelanggan dan industri otomotif secara global. Fokusnya meliputi dekarbonisasi, efisiensi logistik, dan pengembangan teknologi masa depan seperti CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric), termasuk teknologi hidrogen.

 

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *